^ Back to Top

 

 

Informasi

Yang Diperhatikan Membeli Laptop Second

Laptop merupakan barang elektronik yang tidak asing lagi untuk kita, ditambah dengan perkembangan dunia digital yang sangat cepat, kebutuhan akan barang ini pun terus meningkat. Tidak hanya dibidang bisnis, pendidikan pun sudah banyak yang menerapkan teknologi Informasi yang mengharuskan penggunaan laptop dalam kegiatannya.

Mungkin karena desakan tren atau kebutuhan, jumlah pembelian laptop di Indonesia pun terus meningkat. Oleh sebab itulah sebagian dari kita berkeinginan membeli laptop, dengan keinginan tersebut tak jarang kita membeli laptop yang second / bekas pakai dengan pilihan harga yang lebih miring. Perlu anda ketahui, banyak sekali laptop second yang secara tampilan bagus namun sering bermasalah setelah kita pakai hanya beberapa kali.

Berikut tips-tips yang perlu anda ketahui ketika hendak membeli laptop second :

  • Cek Harga Pasaran Laptop Second

Harga merupakan point pertama kita dalam membeli laptop second. Namun kita juga harus memperhatikan bahwa harga itu tidak bohong. Laptop dengan spesifikasi tinggi dan bagus tentu memiliki harga yang bersaing. Anda dapat mengecek harga di google atau mesin pencari lainnya.

  • Cek Spesifikasi Laptop

Ada baiknya kita mengecek spesifikasi laptop dengan seri yang kita minati sebelum kita membeli laptop second tersebut. Anda bisa mencarinya informasi seputer sepesifikasi laptop di mesin pencari seperti google. Setelah anda mendapatkan informasi spesifikasi resminya, kemudian anda cocokan dengan laptop second pilihan anda. Untuk mengeceknya anda bisa dengan cara :

Klik star lalu Klik Kanan mouse pada My Computer (windows XP) atau computer (windows 7)

Pilih properties maka akan tampil informasi seputar Hardware dan Software pada laptop tersebut seperti Procssor, Installed Memory (RAM), System Type dan sebagainya.

Atau jika anda ingin informasi lebih kumplit lagi anda bisa cari aplikasi run pada start, lalu ketikkan “dxdiag” tanpa tanda kutip. Setelah itu anda akan mendapatkan Informasi penting seputar spesifikasi laptop tersebut.

  • Cek Tampilan Pisik Laptop

Tampilan pisik mungkin hal yang pertama kita tanyakan kepada penjual, apakah terdapat cacat, atau gores pada layar. Pada tahap ini mungkin anda dituntut untuk lebih teliti terutama segel, karna segel yang rusak menandakan bahwa laptop tersebut sudah perna diservis atau tidak.

Perhatikan pula hal hal yang ganjil seperti adanya penambahan baud pada area yang tidak wajar, tonjolan atau bahkan retakan pada body / cassing pada laptop.

  • Cek Kelengkapan Laptop

Kelengkapat Laptop salah satunya adalah charger, karna sering saya temukan teman yang membeli laptop second, charger yang ia terima tidak sesuai dengan type laptopnya. Dengan beda type tersebut, tentu laptop tidak dapat diisi daya listrik.

  • Cek kelengkapan lainnya seperti CD Driver, namun jika tidak ada, anda dapat mendownloadnya di internet.

 

Cek Tambahan yang perlu diperhatikan.

  • Tanyakan Garansi /  Tanggung Jawab Penjual

Setelah anda cek dan sesuai dengan pilihan anda, tanyakan garansi atau tanggung jawab penjual –biasanya sekitar 1 minggu- bila laptop setelah dipakai beberapa saat kemudian terjadi ke sesuatu yang tidak sesuai, maka anda dapat kembalikan.

  • Coba anda nyalahkan Laptop 1-3 jam

Seperti yang teman  saya alamai setelah seharian dipakai ternyata laptop sangat Lambat (lemot), padahal spesifikasi yang ada tinggi. Penyebab yang mungkin terjadi adalah virus dan solusinya adalah menginstal ulang. Tapi mungkin juga Performa Hardisk atau ramnya sudah menurun, dan bila kita perhitungkan harga komponen tersebut terbilang mahal. Sebelum deal pastikan anda coba nyalahkan laptop tersebut selama 1-3 jam.  Dan anda perhatikan jika laptop menjadi lambat dapat dipastikan performanya sudah menurun.

  • Cek batrai

Dengan anda menyalahkan Laptop lebih lama, anda juga dapat mengecek performa batrai yang ada. Dan anda pun dapat mengambil keputusan untuk mengambil barang tersebut atau tidak.

Itu beberapa tips dalam membeli laptop second. Jika anda berniat membeli, ada baiknya memperhatikan hal hal tersebut. Kebijakan ada dalam memilih barang merupakan keuntungan untuk anda sendiri.

 

Semoga bermanfaat.

 

 

Contribute!
Books!
Shop!